Pertamina Ajak Masyarakat Hadir Lindungi Anak-Anak Di Sulsel

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Bulan Juli merupakan bulan yang dinanti oleh anak-anak Indonesia. Karena tepat pada 23 Juli, diperingati sebagai Hari Anak Nasional. PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu perusahaan BUMN, juga turut berpartisipasi dalam memperingati hari anak nasional.

Jika dilihat angka kekerasan pada anak, khususnya di kota Makassar cukup memprihatinkan. Dari data Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Makassar, hingga Agustus 2018 terdapat 189 kasus kekerasan terhadap anak yang terlapor, dan masih terdapat beberapa kasus yang tidak tercatat diterima dari keluarga terdekat sendiri, yang seharusnya menjadi tempat berlindung, bemain dan bercerita yang aman bagi anak.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kekerasan yang terjadi pada anak, Pertamina telah mengadakan kampanye dengan mengusung tema “Stop kekerasan anak”. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu (21/7/2019) lalu ini, berlangsung meriah dan sukses, karena diikuti oleh salah satu Lembaga binaan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi. Lembaga yang bernama Sekolah Anak Percaya Diri, terdiri dari 56 orang siswa, pendamping, guru, instansi, lembaga terkait, ┬áserta pekerja Pertamina.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi menjelaskan, dalam rangkaian acara ini terdapat berbagai macam kegiatan. Diawali dengan kegiatan long march dan kampanye hak-hak dasar anak, berlangsung di seputaran Pantai Losari. Selain dihibur, anak-anak ini juga diajarkan juga untuk memiliki kewajiban dalam menjaga dan memelihara keberlangsungan bumi, melalui kampanye gerakan liat sampah dan ambil, di sepanjang rute perjalanan yang mereka lalui.

“Terdapat juga salah satu kegiatan yang melibatkan masyarakat. Mereka diajak untuk ikut berpartisipasi melalui tanda tangan pada spanduk yang disediakan, sebagai bentuk dan wujud tolak kekerasan terhadap anak,” ujar Hatim.

Komitmen Pertamina dalam kepedulian terhadap anak-anak di Sulawesi Selatan, juga ditunjukkan dengan program CSR lainnya, seperti sekolah anak percaya diri di Kota Makassar, Natsir Eco School di Kabupaten Tana Toraja. Pada peringatan hari anak kali ini, Pertamina juga bekerja sama dengan Trans Studio Mall (TSM) Makassar, dalam kegiatan lomba colouring by bright gas, dan menghias layang-layang pada acara Science dan Edu Fair 2019 yang akan berlangsung dari tanggal 23 Juli hingga 28 Juli 2019.

“Pertamina juga berharap semoga kedepannya akan terus menjadi fasilitator, sekaligus supporter terbaik untuk seluruh anak Indonesia, agar tetap mempertahankan semangat juang yang tinggi untuk Indonesia yang lebih baik kedepannya,” pungkas Hatim.

Nur Rachmat