Penyerapan Anggaran Makassar 2020 Diminta Dipercepat

Makassar, Bisnissulawesi.com,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Makassar meminta Pemerintah Kota Makassar mempercepat penyerapan anggaran pad 2020 mendatang untuk mengejar percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Jangan seperti tahun ini, penyerapan anggaran lamban mulai Mei lalu, sehingga mempengaruhi optimalisasi penyerapan anggaran daerah,”kata Adi Rasyid Ali, Wakil Ketua DPRD Kota Makassar dikonfirmasi, Selasa (26/11).

Menurut Adi, penyerapan anggaran perlu dilakukan secara cepat agar dapat mendorong percepatan roda perekonomian daerah terutama di penganggaran di sejumlah bidang antara lain bidang infrastruktur, bidang pendidikan dan kesehatan serta pelayanan publik.

Pembangunan dan perbaikan infrastruktur, kata Adi, memiliki porsi anggaran yang besar dibanding pos bidang lainnya karena dengan infrastruktur yang memadai dapat menarik investor untuk berinvestasi di makassar.

“Salah satu pertimbangan investor sebelum menanamkan modalnya di suatu daerah, terlebih dahulu menanyakan kondisi infrastruktur daerah tersebut,”kata Adi.

Dengan infrastuktur memadai, kata Adi, akan memperlancar proses distribusi perdagangan serta memperlancar berbagai aktifitas masyarakat.

Adi juga meminta program penanganan kemiskinan di Makassar harus dioptimalkan karena jumlah warga miskin yang saat ini sebanyak 174 KK tersebut membutuhkan perhatian Pemerintah Kota.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Iswadi mengemukakan Pemkot Makassar siap mempercepat penyerapan anggaran sesuai dengan prosedur dan mekanismeb yang berlaku.

“Kami akan optimalkan penyerapan anggaran tahun depan, dan mempercepat penyaluran anggaran daerah,“kata dia.

INDRA