Paling Dicari, Pedagang Perbanyak Stok Melon dan Semangka

Pedagang melonmemperbanyak stok dagangan saat Ramadan sperti sekarang karena paling dicari masyarakat untuk kebutuhan berbuka puasa

 

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Saat bulan Ramadan seperti ini, melon dan semangka merupakan dua jenis buah paling dicari oleh masyarakat untuk olahan berbuka puasa. Pedagang di sejumlah pasar tradisional di Makassar memanfaatkan peluang tersebut dengan memperbanyak stok dagangan.

Seorang pedagang buah di Pasar Terong Makassar, Hj. Harlina mengaku stok buah melon dan semangka yang dijual saat ini cukup melimpah karena memang dicari oleh masyarakat untuk kebutuhan berbuka puasa. Buah tersebut disuplai dari Kabupaten Takalar dan Gowa karena saat ini di dua kabupaten itu sedang musim panen.
Harganya pun dijual lebh rendah dibanding sebelum Ramadan atau sebelum musimnya. ‘’Melon atau semangka rata-rata saya jual Rp10 ribu – Rp15 ribu per buah tergantung ukuran. Beda dengan sebelum musim panen lalu, saya biasa jual  Rp 25 ribu per buah,” katanya.
Hal sama dikatakan pedagang buah di Pasar Pannampu, Makassar Sitti Jumriati. Melon, semangka dan juga pepaya adalah buah yang paling banyak diminati pembeli untuk menu buka puasa. Hal itu terbukti dengan meningkatkan pembelian buah sejak awal Ramadan.
“Biasanya dalam sehari rata-rata hanya terjual 15 buah buah semangka atau melon, apalagi pada saat pandemi Covid19 pembeli sangat sepi. Namun Alhamdulillah setelah masuk Ramadan, pembeli kembali banyak,” ujarnya.
Masyarakat mengaku membeli buah yang mengandung banyak air untuk menjaga kondisi tubuh selama berpuasa.

Baca Juga :   Iqbal Suhaeb Ajak Ummat Islam Jaga Kerukunan dan Kedamaian