Membangun Bisnis Usaha Bagi Entrepreneur Wanita

N. Tri Suswanto Saptadi

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Mendengar kata startup, tentu ada berbagai pikiran yang mungkin dapat terjadi. Banyak yang berpikiran bahwa industri baru yang masih berada dalam tahap pengembangan ini, umumnya telah didominasi dan dipelopori oleh para keturunan Adam atau laki-laki. Dalam perjalanan bisnis di Indonesia, tentu ada banyak sosok atau tokoh bisnis yang telah berhasil dalam menembus dunia startup, dengan ide cemerlang dan gagasan yang menarik.

Beberapa diantaranya adalah ­Catherine Hindra Sutjahyo, melalui pusat belanja fashion online yang resmi beroperasi di Indonesia pada tahun 2012 dengan nama Zalora. Cynthia Tenggara yang adalah koki dengan cara menyiapkan resep sukses Berrykitchen, berupa layanan pengiriman makan siang yang digemari oleh para pekerja kantoran, dengan menggandeng para investor besar yang percaya pada kemampuan untuk mengembangkan bisnis katering modern ini.

Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth, dengan melakukan pengembangan dan inovasi, sehingga BerryBenka berhasil menjadi e-commerce yang menyediakan segala kebutuhan wanita dan pria, yang ingin tampil maksimal dan menarik.
Untuk dapat berbisnis secara efektif dan berkelanjutan, para entrepreneur wanita perlu melakukan upaya strategis, seperti memperbanyak relasi dengan bergabung dan mengikuti kegiatan komunitas, jangan malu bertanya dan berdiskusi tentang banyak hal.

Selain itu, juga bertanya tentang apa pun yang masih berada dalam indikator bisnis, berpenampilan low profile dengan bermental baja, dan tidak terlalu sering mengekspos diri, memiliki visi, misi dan tujuan yang baik, agar selalu dapat memacu diri untuk menjadi sukses, dan memiliki motivasi yang baik dan kuat agar selalu konsisten pada tujuan dalam berbisnis.

Untuk dapat memulai bisnis, kiranya para entrepreneur wanita perlu melihat peluang bisnis, seperti menjadi EO pesta ulang tahun anak, membuat kerajinan tangan, bisnis kursus kecantikan, memberi les pelajaran sekolah, membuka usaha makanan, dekorasi interior, membuka les memasak, jualan dan usaha online, usaha spa rumahan, wedding organizer, bidang fashion, traveler writer, perlengkapan bayi, penitipan anak, berprofesi guru privat, dan tentu masih banyak lagi.

Secara khusus, untuk berbisnis secara online, terutama bagi generasi milenial, perlu membangun kepercayaan dengan maksimal. Dengan kepercayaan, akan menjadi senjata utama dalam bisnis online, yang menawarkan kemudahan dalam mencari pelanggan.

Berselancar dalam peluang emas tersebut, memerlukan manajemen yang efektif dan lengkap, melakukan percepatan proses delivery barang, dan percantik pelayanan di website, dengan menggunakan semua tools promosi yang ada, menggunakan sosial media sebagai tempat berkumpulnya manusia untuk memperkenalkan barang, putar keuntungan dengan mencari pelanggan baru. Jangan ragu membayar layanan yang dapat menambah konsumen, tampilan desain website secara menarik yang sangat menentukan keputusan pembeli agar dapat dipercaya.

Semoga segala usaha dalam membangun bisnis di tahun 2019, senantiasa memberikan peluang, dan akan semakin menguji kreatifitas bagi para entrepreneur wanita, sehingga dapat membantu untuk menumbuhkan perekonomian di masyarakat, dan pada akhirnya akan dapat pula hidup bahagia serta sejahtera bersama keluarga.

Penulis: N. Tri Suswanto Saptadi – Penulis Dosen Informatika, Ekonomi dan Bisnis Universitas Atma Jaya Makassar