Maksimalkan Penggunaan Email Sanapati, Diskominfo Makassar Gelar Bimtek JKS

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar terus berupaya melakukan usaha-usaha dalam pengembangan pelaksanaan e-government. Salah satunya dengan menggunakan suatu sistem informasi yang andal dengan memperhatikan aspek keamanan informasi yang meliputi kerahasiaan, keutuhan, keaslian, ketersediaan, dan nirpenyangkalan.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), digelar bimtek penggunaan dan pemanfaatan Jaring Komunikasi Sandi atau JKS yang lebih spesifik pada penggunaan email Sanapati di lingkup Pemkot Makassar.

Staf Ahli Bidang II Pemkot Makassar, Ahmad Kafrawi yang hadir secara langsung membuka kegiatan di Hotel Golden Tulip berharap, pengaplikasian email Sanapati ini dapat digunakan secara maksimal di lingkup pemerintah kota, pasalnya email ini sudah terbukti berperan penting dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan jajaran antara Pemerintah Pusat, BUMN, TNI, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemda Kabupaten Kota.

“Suatu kebanggaan kita bersama Bahwa Dinas Komunikasi Dan Informatika yang bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melaksanakan suatu kegiatan untuk mendukung penggunaan email sanapati lingkup Pemerintah Kota Makassar,” kata Ahmad Kafrawi, Rabu (17/7/209).

Sementara itu, Kepala Bidang Persandian Diskominfo Makassar, Ridwan menjelaskan, email Sanapati adalah email khusus dengan user tertentu, dengan enkripsi yang lebih kompleks sehingga mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dan memiliki beberapa kelebihan, yakni proteksi terhadap fake email, spam email, phishing link, dan email bombing.

“Jadi ancaman kan ada macam-macam. Seperti penyadapan, kemudian ada semacam interupsi. Artinya kalau penyadapan kan ada akses yang ilegal. kalau interupsi itu bisa saja misalnya email atau informasi yang kita kirim di tengah jalan bisa juga dipabrikasi semacam hoax. Bisa juga semacam modifikasi. Jadi betul email yang kita kirim tapi dalam perjalanan itu mereka mengubah dari isi email tersebut,” papar Ridwan.

Olehnya itu, untuk ke depan, pihak Diskominfo akan membagikan akun email Sanapati ke tiap SKPD di lingkup Pemkot Makassar untuk diterapkan.

“Di tiap-tiap SKPD akan akan menunjuk siapa admin. Itulah mereka yang kami data orang-orangnya dan memberikan akunnya. Jadi nanti dari tiap SKPD itu memberikan stafnya yang ditunjuk sebagai admin dari akun email tersebut,” pungkas Ridwan.

Syamsi Nur Fadhila