Lurah Maccini Gusung Dorong RW/RT Bentuk Kelompok Bank Sampah

Kelurahan Maccini Gusung saat ini sudah memiliki bank sampah yang dikelola oleh masyarakat. Bahkan sudah memiliki 15 orang nasabah.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Tak henti-hentinya Lurah Maccini Gusung, Rendra mendorong para Ketua RW dan RT di wilayahnya untuk membentuk kelompok bank sampah.
Diungkapkan Rendra, kesadaran masyarakat tentang adanya bank sampah bisa dijadikan solusi untuk Makassar bersih, nyaman, dan dapat menjadi penunjang ekonomi keluarga
“Alhamdulillah sudah ada beberapa bank sampah di Kelurahan Maccini Gusung, salah satunya bank sampah Paraikatte, yang terletak dijalan Maccini sawah. Direktur bank sampah Muliana, yang juga Ketua RT 29 Kelurahan Maccini gusung, sudah memiliki 15 nasabah bank sampah,” ungkapnya.

Ditambahkan, kegiatan ini dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat, baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat luas, melaksanakan kegiatan pembatasan timbunan sampah, pendauran ulang dan pemanfaatan kembali sampah, atau yang lebih dikenal sebagai reduce, reuse dan recycle.

Program bank sampah akan menjadi momentum awal membina kesadaran masyarakat untuk memilah, mendaur ulang, dan memanfaatkan sampah. Karena sampah mempunyai nilai jual yang cukup baik, dapat meningkatkan perekonomian keluarga.
(*)