Kenalkan Kampus, UT Makassar Road Show di sejumlah SMA di Makassar

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Universitas Terbuka (UT) Makassar terus menjajal ke sekolah SMA sederajat untuk pengenalan kampus UT sebagai Cyber University, sosialisasi ini bertujuan mengenalkan solusi kepada anak SMA yang akan melanjutkan ke Pendidikan Tinggi dengan cara milenial. Untuk dapat meningkatkan angka partisipasi mahasiswa Universitas Terbuka khususnya Program Non Pendidikan Dasar (Non Pendas), UPBJJ-UT Makassar melakukan kegiatan sosialisasi dan promosi ke Sejumlah Sekolah Menengah Atas baik Negeri maupun Swasta.

Sekolah yang telah dikunjungi oleh Staf UPBJJ-UT Makassar yang dibagi menjadi beberapa Tim adalah SMAN 7, SMAN 21,SMAN 18,SMKN 4, SMKN 7, SMKN8, SMKN 3, SMKN 6, SMAN 12 DAN SMAN 22 Makassar, siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah Siswa kelas XII yang nantinya diharapkan apabila mereka melanjutkan kuliah ke Pendidikan Tinggi, Universitas Terbuka (UT) dapat menjadi salah satu pilihan karena mempunyai banyak kelebihan diantaranya sistem pembelajarannya yang felxsibel dan biaya yang sangat terjangkau.

Materi Sosprom yang disampaikan oleh Masing Masing Ketua Tim adalah Sejarah UT, Jumlah mahasiswa UT, Persyaratan menjadi mahasiswa UT, Beasiswa yang disediakan oleh UT, Program Studi, Biaya Pendidikan, Model Pembelajaran di UT, Toko Buku Online (TBO) dan Alumni UT.

Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat postif oleh siswa siswa karena masih banyak siswa siswa yang belum mengetahui keberadaan Universitas Terbuka. Sesi terakhir dari kegiatan ini beberapa siswa memberikan pertanyaan secara umum mengenai berbagai hal seputar kuliah di UT, diantaranya bagaimana mengaktivasi Tuton, bagaimana membeli modul di UT.

Pada bagian akhir sebelum penutupan dilakukan pembagian souvenir bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan seputar UT dari Tim Sosprom. Dalam sambutannya Direktur UT Makassar, Drs. Hasanuddin M.Si menyampaikan bahwa Universitas Terbuka merupakan “Universitas Jaman Now” karena Universitas Terbuka menerapkan system kuliah dengan menggunakan metode online atau system elearning jadi pembelajaran bisa dilakukan dimana saja tanpa ada batasan dan kedepannya sesuai dengan arahan dari Menteri Pendidikan.

“UT di nobatkan sebagai Cyber University, untuk itu dalam Kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan pemaparan Materi tentang Sejarah Universitas Terbuka, Visi dan Misi, Fakultas yang ada di UT dan Cara mendaftar di Universitas Terbuka dan juga penayangan video cara melakukan akses bahan digital.” Ungkap Hasan. / Komang Ayu.