Kembangkan Potensi Wisata Bahari, Dispar Makassar Fokus Perbaikan Fasilitas

BISNIS SULAWES, MAKASSAR – Potensi wisata bahari tengah gencar dikembangkan oleh Dinas Pariwiwsata (Dispar) kota Makassar. Pulau-pulau dimiliki akan dikembangkan menjadi destinasi wisata favorit.

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Makassar, Anriany Saleng mengatakan, dalam pengembangan wisata bahari atau kepulauan yang akan dilakukan, pihaknya fokus pada penyediaan fasilitas yang memadai bagi wisatawan, seperti perbaikan dermaga, hingga kemanan transportasi penyeberangan menuju pulau.

“Untuk kepulauan memang harus dipikirkan fasilitas apa yang dimiliki. Ketika wisatawan yang ingin berkunjung, mereka tentu berpikir bagaimana cara kesana, apa yang mereka dapatkan di sana, itu yang kita pikirkan. Kita harus berpikir bagaimana soal faktor keamanan terutama keamanan transportasi. Artinya pada saat wisatawan ingin menyeberang, apakah dia yakin tentang keamanannya termasuk fasilitas di kapal. Kemudian kebersihan. Artinya pada saat wisatawan di sana, bagaimana fasilitasnya, bagaimana toiletnya, itu juga sudah menjadi pertimbangan utama,” beber Anri.

Selain fasilitas diatas, hal lain yang menjadi perhatian Dispar ialah pengembangan sumber daya manusia. Ia mengatakan pihaknya akan memberikan pembinaan kepada masyarakat pulau agar mampu mendukung sektor wisata bahari ini.

“Kami juga di sana akan melakukan pendekatan dengan mereka (masyarakat), kelompok sadar wisata. Kita akan memberikan pembekalan bagaimana mereka mengelola daerah wisata di sana. Bagaimana penerimaan mereka terhadap wisatawan, juga bisa kita kasih pengetahuan tentang kuliner,” pungkas Anri.

Anri berharap, dengan adanya pengembangan fasilitas di pulau-pulau yang ada, dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Makassar. / Syamsi Nur Fadhila