Kalbe Peringati Hari Kanker Sedunia

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dan Indonesia Cancer Care Community (ICCC) memperingati Hari Kanker Sedunia. Hal tersebut diwujudkan dalam sebuah gelaran talk show yang dilaksanakan di Hotel Grand Asia, Minggu (23/2/2020).

Dengan mengangkat tema “I am and I Will”, sekitar 250 ratus lebih pasien, survivor, dan pemerhati kanker hadir dalam peringatan ini, untuk mengikuti rangkaian kegiatan,  diantaranya olahraga Zumba bersama di area car free day (CFD), pemeriksaan kesehatan seperti tensi dan gula darah, talkshow terkait tema kanker, berbagi motivasi dengan survivor kanker, serta acara hiburan.

Acara utama peringatan Hari Kanker Sedunia ini berupa edukasi kesehatan, dengan menghadirkan pembicara Dr. dr. Tutik Harjianti, Sp.PD-KHOM, FINASIM, Spesialis Onkologi RS Siloam Makassar.

“Di pulau Sulawesi prevalensi kanker tertinggi berada di provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara sebesar 1,7% dibanding Sulawesi Tenggara dan  Sulawesi Barat 1,1%, Sulawesi Tengah 0,9% dan Gorontalo 0,2%. Ini berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI,” ungkapnya

Tingginya prevalensi kanker di Indonesia perlu dicermati, dengan tindakan pencegahan dan deteksi dini yang telah dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan. Kasus kanker yang ditemukan pada stadium dini, serta mendapat pengobatan yang cepat dan tepat akan memberikan kesembuhan dan harapan hidup lebih lama.

Oleh karena itu, menurut dr Tutik, penting dilakukan pemeriksaan rutin secara berkala,  sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini kanker. Skrining merupakan upaya deteksi dini untuk mengidentifikasi penyakit atau kelainan yang secara klinis belum jelas dengan menggunakan tes, pemeriksaan atau prosedur tertentu.

“Upaya ini dapat digunakan secara cepat untuk membedakan orangorang yang kelihatannya sehat tetapi sesungguhnya menderita suatu kelainan,” tutur dr. Tutik.

Sementara, Happy Handayani, selaku Customer Relations Manager PT Kalbe Farma Tbk mengatakan, pihaknya memiliki program yang dinamakan Kalbe Onkologi Total Solution. Ini merupakan sinergi layanan dalam pengobatan kanker mulai dari deteksi awal dan faktor risiko dengan melakukan pemeriksaan di laboratorium, proses screening dan diagnosa, terapi, rehabilitasi dan perawatan paliatif.

Nur Rachmat