Kakanwil DJP Sulselbartra – Kapolda Sulsel Bersinergi Kawal Penerimaan Negara

Kepala Kanwil DJP Sulselbartra, Hantriono Joko Susilo bersama jajaran saat diterima Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam di ruang tamu Kapolda ketika melakukan audiensi beberapa waktu lalu. POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbartra) bersinergi dengan Polda Sulsel dalam mengawal penerimaan negara. Hal itu terungkap saat Kepala Kanwil DJP Sulselbartra, Hantriono Joko Susilo bersama jajaran melakukan kunjungan (Audiensi) ke Mapolda Sulsel beberapa waktu lalu. Kunjungan rombongan DJP Sulselbartra diterima langsung Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam di ruang tamu Kapolda.

Sebagaimana diketahui, tahun ini DJP Sulselbartra menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp 14,5 triliun. Untuk dapat mengamankan penerimaan pajak dengan sebaik-baiknya, Kanwil DJP Sulselbartra terus meningkatkan sinergi melalui serangkaian kegiatan monitoring yang diawali dengan kegiatan monitoring penyampaian SPT Tahunan sebagai upaya untuk dapat meningkatkan angka kepatuhan pembayaran dan pelaporan dari para wajib pajak.

Mengacu realisasi penerimaan pajak di 2020, meskipun banyak halangan, DJP Sulselbartra masih dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan berhasil menutup tahun 2020 dengan capaian penerimaan pajak sebesar Rp 12,344 triliun atau 93,91% dari target yang ditetapkan Rp 13.144 triliun.

Selain perihal mengawal penerimaan negara, dalam pertemuan dengan Kapolda Sulsel juga dibahas mengenai dukungan terhadap pelaksanaan program Zona Integrasi Wilayah Bebas Korupsi-Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBK/WBBM) yang dicanangkan Kanwil DJP Sulselbartra. Juga tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan negeri dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian pada pajak. Kapolda menyambutnya dengan sangat baik sekaligus siap mendukung secara penuh.

Pada kesempatan itupun, langsung dilakukan pengambilan video testimoni Kapolda Sulsel yang mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan negeri dengan cara meningkatkan kesadaran dan kepedulian pada pajak.

“Pajak adalah tonggak pembangunan negeri, kesadaran dan kepedulian masyarakat pada pajak selaras dengan semangat gotong royong untuk membangun negeri. Membayar pajak dan melaporkan SPT Tahunan adalah wujud nyata kesadaran dan kepedulian kita pada pajak,” ujar Kapolda dalam video.

Baca Juga :   Lahirkan Bibit-bibit Wirausaha Baru Unismuh Gelar Young Entrepreneur Summit 2019

Kapolda Sulsel juga mengajak masyarakat melaporkan SPT Tahunan secara daring menggunakan e-Filing. “’Mari, bersama lapor SPT Tahunan hari ini. Manfaatkan e-Filing untuk kemudahan pelaporan pajak secara daring dengan mudah, cepat, dan aman,” lanjut Kapolda.

Kakanwil DJP Sulselbartra Hantriono Joko Susilo bertemu langsung Kajati Sulsel, Raden Febritryanto beberapa waktu lalu. POTO : ISTIMEWA

Sinergi juga dilakukan DJP Sulsel dengan pihak kejaksaan dengan melakukan kunjungan serupa ke Kejati Sulsel. Kakanwil DJP Sulselbartra Hantriono Joko Susilo bertemu langsung Kajati Sulsel, Raden Febritryanto.
“Momentum audiensi dimanfaatkan kedua pihak untuk melaksanakan koordinasi sekaligus pembahasan mengenai peningkatan kerja sama, utamanya di optimalisasi pelaksanaan penegakan hukum, sekaligus meminta dukungan Kajati Sulsel selaku stakeholder terkait pelaksanaan program ZI-WBK/WBBM,” ungkap Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulselbartra, Eko Pandoyo Wisnu Bawono.

Intinya, kata EKo, Kanwil DJP Sulselbartra mendapat dukungan secara penuh semua pengampu kepentingan dalam menjalankan beragam program yang telah dicanangkan.

***