Jurnalis distribusikan APD ke 11 Kecamatan di Kota Makassar

 

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR –  Jurnalis Peduli Kemanusian (JPK) Provinsi Sulawesi Selatan mulai menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, yang berjuang sebagai garda terdepan menangani pandemic Covid19 di berbagai Puskesmas di Kota Makassar.

“Untuk tahap pertama kami menyalurkan APD ke 11 puskesmas di Makassar. Alasannya karena terdeteksi memiliki sebaran terinfeksi cukup tinggi,” kata Koordinator JPK Sulsel, Darwin Fatir, Kamis (9/4/2020).

APD yang didistribusikan tahap pertama sebanyak 31 lembar. Tahap kedua rencananya didistribusikan 100 lembar ke puskesmas dan rumah sakit swasta.

Ini tidak lepas dari dukungan dan kontribusi donatur dari kalangan jurnalis beserta jaringannya serta masyarakat, termasuk anak kecil yang membawa celengannya ke posko dalam sepekan terakhir.

“Ini bentuk kepedulian kepada tenaga medis yang bekerja di puskesmas. Mereka tidak dilengkapi pelindung diri saat memeriksa pasien, mengingat telah banyak orang terpapar virus ini hingga masyarakat dilapis tingkat bawah,” ungkap Darwin.

JPK Sulsel terbentuk atas inisiasi dari sejumlah organisasi pers diantaranya Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.

“Saat ini JPK masih membuka donasi baik melalui rekening maupun pengantaran donasi ke Posko (Sekertariat AJI Makassar). Bantuan sekecil apapun akan sangat membatu tenaga medis kita melawan virus korona,” tambahnya.

Pejabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb mengapresiasi kepedulian jurnalis pada tenaga medis dengan gerakan cepat memberikan bantuan kepada puskesmas.

Bantuan ini, kata dia, akan sangat membantu bagi tenaga medis.

Nur Rachmat

Baca Juga :   Pengangguran Terbuka di Sulsel 252.499 Orang, Tertinggi Lulusan Diploma