Jualan Live di Medsos, Dosen Ini Bisa Jual Kurta Ludes dalam Dua Hari

Yudha Prawira Hasta, S.I.Kom, M.I.Kom. POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Selain sebagai seorang dosen aktif di Universitas Fajar Makassar, pria bernama lengkap Yudha Prawira Hasta, S.I.Kom, M.I.Kom juga kerap mengambil job menjadi Master of Ceremony (MC) berbagai event. Tidak hanya event di Makassar, dosen komunikasi ini juga sering mendapat job ke luar daerah.

Di tengah Pandemi Covid 19 yang mengharuskan masyarakat di rumah saja dan tidak satupun event yang digelar.

Ide kreatifnya pun muncul. Mengisi waktu luang di sela-sela keseharian sebagai seorang dosen yang tetap mengajar via online, Yudha menggunakan platform media sosial pribadinya untuk berjualan secara online. Keahlian sebagai MC tentu berguna di sini, karena ia menjajakan jualan secara live, di mana ia dituntut bisa memasarkan produk dan meyakinkan calon pembeli.

“Alhamdulilah, dalam dua hari, stok jualan saya ludes. Momentnya pas dan beruntung animo pembeli juga bagus,’’ aku pria asal Enrekang via chat WhatsApp, Rabu (06/05/2020).

Yudha memilih jualan kurta sebagai produk toko online nya. Selain karena ia sendiri dalam tiga tahun terakhir ini sebagai pengguna kurta, juga karena saat ini merupakan bulan Ramadan dan sebentar lagi lebaran.

Sementara akibat pandemi Covid 19, semua mall dan toko serta layanan offline lain, tutup. Sedangkan masyarakat pasti tetap mencari baju lebaran untuk mereka gunakan saat hari raya tiba.

‘’Saya faham betul di luaran sana ada banyak orang yang mau memenuhi kebutuhan pakaian untuk lebaran yang ingin berbelanja nyaman dengan kualitas produk yang baik. Setelah ngobrol dengan kerabat, melakukan riset pasar kecil-kecilan soal animo masyarakat menggunakan baju kurta dan ternyata banyak orang yang suka. Sehingga keluarlah inisiatif untuk berjualan kurta ini,’’ jelasnya.

Yudha mengaku tidak banyak mengambil keuntungan dari jualannya itu. Yang ia lakukan adalah membantu teman-temannya untuk mendapatkan kurta. Mengingat selama ini, saat melihat dirinya mengenakan kurta, banyak pihak yang menanyakan di mana bisa mendapatkan kurta tersebut.

‘’Bicara keuntungan, bagus. Namun, yang paling penting bagi saya, bagaimana mengutamakan kualitas dengan harga yang tetap affordable (terjangkau), kualitas tetap terbaik,’’ tambahnya.

Yudha mengaku akan terus melanjutkan toko online nya ini dengan menambah varian produk yang dijual yang lebih sporty dan casual.

Bali Putra