Jelang Iduladha, RPH Makassar Berbenah Siapkan Stok Hewan Kurban

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Menjelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 11 Agustus 2019 mendatang, Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Makassar mulai berbenah. Mulai dari persiapan stok hewan kurban hingga aspek pelayanan disiapkan dengan baik.
Direktur Operasional Rumah Potong Hewan Makassar, Ahmad Susanto menjelaskan, pada momen iduladha, terjadi peningkatan jumlah pemotongan hewan secara signifikan dibanding hari biasa. RPH Makassar mencatat sekitar 200 sampai 300 hewan dikurbankan pada momen iduladha.
“Untuk persiapan iduladha ini khususnya untuk kurban, kita sudah siap. Ada beberapa aspek yang coba kita tingkatkan, pertama aspek pelayanan. Tentu kan pemotongan akan meningkat mungkin sampai 500% peningkatannya dibanding hari biasa. Tentu kita siapkan pelayanan dengan sebaik mungkin. Siapkan tenaganya, tentu kita tambah karena ini kan waktunya bersamaan dipotong,” terangnya, Jumat (19/7/2019).
Terkait jumlah tersebut, Ahmad Susanto menjamin pihaknya telah menyiapkan jumlah hewan yang cukup unyuk mengantisipasi kurangnya hewan kurban.
“Terkait dengan stok insyaallah tidak perlu khawatir, stok kita banyak. Jadi siapapun yang mau berkurban, boleh pesan, boleh beli di RPH. Stok kita banyak,” sambungnya.
Selain itu, fasilitas pendukung lain juga ditingkatkan seperti tempat pemotongan hingga kesediaan air, termasuk layanan mobilisasi.
“Ketika misalnya ada masjid atau kelompok yang ingin berkurban, kemudian kurbannya itu dilakukan di mesjidnya atau di tempatnya, insyaallah kita akan bantu fasilitasi. Tenaga kita akan ke sana untuk membantu melakukan pemotongan dan pengulitan dan sebagainya,” pungkasnya.