Jelang HUT RI, Paskibraka Kota Makassar Intenskan Latihan

BISNIS SULAWESI, MAAKSSAR – Jelang upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Makassar memaksimalkan latihan dengan intensif. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin mengungkapkan, pasca rekrutmen yang dilaksanakan pada bulan Februari 2019 lalu, pasukan mulai melakukan latihan secara terus menerus.
“Sudah berlatih beberapa bulan ini dan intens beberapa hari terakhir ini dan kita sudah dibackup oleh TNI Angkatan Darat, pelatih 2 orang dan tiga hari yang lalu kita sudah disempurnakan pasukan kita oleh Danpas (Komandan Pasukan) dan 4 orang pengapit,” tutur Hendra yang ditemui di Balaikota Makassar usai Rapat Persiapan Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan, Jumat (2/8/2019).
Diketahui, sebanyak 1000 orang siswa-siswi tingkat SMA Kota Makassar telah mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang diadakan oleh Dispora Kota Makassar pada Februari 2019 lalu dan terpilih sebanyak 70 orang yang akan mengibarkan bendera pusaka pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, di Lapangan Karebosi Makassar pada 17 Agustus mendatang.
Lebih jauh Hendra mengungkapkan, formasi Paskibraka Kota Makassar tahun ini akan mengangkat tema Phinisi, perahu kebanggaan masyarakat suku Bugis-Makassar.
“Yang terlihat sekarang di lapangan Karebosi adalah formasi yang akan kita tunjukan nanti. Kita akan lakukan nanti pada tanggal 17 itu formasi yang baru namanya formasi Phinisi. Memang tiap tahun kita modifikasi sesuai dengan tema muatan lokal kita. Tahun lalu itu temanya Garuda, lalu ada juga Sulapa Appa, tahun ini Phinisi.”
“Bentuknya kalau dilihat dari atas, dari drone itu seperti perahu Phinisi,” tutupnya.