Harga Daging Sapi dan Ayam Potong Naik

Selain daging sapi, harga daging ayam juga naik. Kenaikan harga ayam di tingkat pengecer, karena harga ayam potong yang diperoleh dari petani juga naik, dengan alasan kenaikan harga pakan sejak terjadi pandemi Covid 19. POTO : MASYUDI FIRMANSYAH

 

 

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Harga daging sapi dan ayam potong di sejumlah pasar tradisional Makassar saat Ramadan, rata-rata mengalami kenaikan Rp 10.000 dari harga normal. Sebelumnya daging sapi dijual Rp 100.000 per kilogram, kini dijual Rp110.000 per kilogram.

‘’Karena daging yang diperoleh dari rumah potong hewan (RPH) juga naik,’’ kata seorang penjual daging di Pasar Pa’baeng-baeng, Makassar, H. Usman Daeng Nai, Jumat (24/4)

Usman mengatakan, kenaikan harga ini lumrah terjadi pada di awal Ramadhan karena permintaan meningkat sementara persediaan cenderung tetap.

Hal senada dikemukakan pedagang daging sapi di Pasar Terong, Makassar H Thahir.

‘’Kami, mau tidak mau harus menyesuaikan harga agar tidak merugi kalau bertahan dengan harga lama,’’ ujar H. Thahir.

Kenaikan harga juga terjadi pada ayam potong. Untuk satu ekor ayam potong dengan berat 1,5- 2 kilogram yang umumnya dijual Rp 45.000, kini dijual Rp 55.000 – Rp 60.000 per ekor.

Begitu pula ayam ras yang sebelumnya Rp 50.000 per ekor kini dijual Rp 60.000 per ekor.

‘’Kenaikan harga ayam di tingkat pengecer, karena harga ayam potong yang diperoleh dari petani juga naik, dengan alasan kenaikan harga pakan sejak terjadi pandemi Covid 19,’’ aku pedagang ayam di Pasar Cidu Makassar,,Nurbaya.

Komang Ayu