Gelar FGD, Poltekpar Putuskan Laksanakan PKN Juli 2020

POTO : MASYUDI FIRMANSYAH / BISNIS SULAWESI

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR

Dalam rangka pelaksanaan Praktik Kerja Nyata (PKN) di masa pandemi Covid 19, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) di kampus setempat, Jum’at (05/06).

Ditemui usai menutup FGD,  Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin M.Pd, mengatakan, Poltekpar Makassar tetap melaksanakan PKN pada Juli 2020, berdasrkan masukan beberapa stakeholder yang menghadiri FGD.

“Teknisnya seperti apa, kami bicarakan lebih lanjut bersama mitra pariwisata seperti PHRI, IHGMA, ASITA  dan lainnya,” ungkapnya.

PKN adalah proses pembelajaran mahasiswa berupa kerja praktik di dunia industri,  perusahan, dan instansi. Ini merupakan salah satu mata kuliah wajib, sebelum mahasiswa mengajukan tugas akhir.

Pelaksanaan PKN disesuaikan kurikulum masing-masing program studi. Mahasiswa yang mengikuti PKN, telah menempuh paling sedikit 110 SKS dengan IPK lebih dari 2, memprogram mata kuliah PKN dalam KRS, memenuhi segala persyaratan administratif serta memiliki kompetensi keilmuan.

Bentuk praktek kerja dititikberatkan pada pekerjaan level operasional di bidang perhotelan/kepariwisataan dan perjalanan untuk program Diploma III, serta level manajerial untuk program Diploma IV. Mahasiswa  diwajibkan  menyusun  laporan kegiatan dan analisis praktek selama melaksanakan PKN.

Pelaksanaan PKN di lingkungan kemenparekraf  selama 6 (enam) bulan, atau satu semester.

Nur Rachmat