Pengamat : Naiknya Tarif Transportasi Online Bisa Berdampak Turunnya Order

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Pengamat Ekonomi dari Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar, Muhammad Nur AlFatah mengemukakan naiknya tarif transportasi online akan berdampak pada penurunan order dari mitra driver masing-masing perusahaan tranportasi online.

“Memang pendapatannya per order tarifnya naik, tapi jumlah ordernya bisa menurun,” tutur Alfatah saat diwawancarai Bisnis Sulawesi.

Kedepan, kata dia, Mitra driver akan mengeluhkan masalah penurunan order tersebut ditambah lagi penambahan jumlah driver online yang membuat persaingan menjadi tak sehat antar perusahaan transportasi online.

Selain itu, kenaikan transportasi online juga akan berpengaruh kepada Usaha Mikro kuliner yang selama ini bermitra dengan transportasi online, dengan naiknya tarif tersebut maka menu kuliner yang ditawarkan ke pelanggan akan naik.

“Konsumen akan berpikir, harga kuliner online makin mahal dan akan mulai berhenti mengorder kuliner via transportasi online,”kata Fatah.

Terkait inflasi, menurut  Fatah, sulit dihindari karena hal tersebut sudah merupakan hukum inflasi, jika terjadi peningkatan biaya pengeluaran masyarakat maka akan memicu inflasi.

indra