Dispar Makassar Kembali Helat Pesta Komunitas Makassar

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Puluhan komunitas di Kota Makassar kembali disatukan di Pesta Komunitas Makassar (PKM). Event tahunan yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar ini telah memasuki tahun keenam pelaksanaannya.

Seperti tahun sebelumnya, PKM tahun ini kembali dipusatkan di salah satu situs bersejarah, Benteng For Rotterdam. Sebanyak 73 komunitas dari total 365 komunitas yang ada dari berbagai sektor akan unjuk kreatifitas selama dua hari, Sabtu-Minggu (24-25/8/2019).

Asisten II Pemerintah Kota Makassar, Sittiara Kinang menilai, perkembangan komunitas di Kota Makassar sangat luar biasa. Ia berharap, Dispar dapat lebih memaksimalkan komunitas yang ada untuk kemudian dikembangkan sehingga makin mendorong perekonomian Kota Makassar.

“Mudah-mudahan ke depan Disspar dengan komunitas ini bisa lebih bagus lagi, lebih kreatif lagi, lebih mengolah lagi apa yang ada sehingga kreatifitasnya itu lebih mendorong lagi perekonomian,” papar Sittiara, Sabtu (24/8/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid mengungkapkan, komunitas menjadi salah satu jalan dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif di Kota Makassar. Pasalnya dari 16 subsektor yang ada, hanya 8 subsektor yang berkembang.

“Mungkin dari (komunitas) yang ada di sini tidak bisa masuk dalam 16 sektor yang ditetapkan, mungkin belum terlihat oleh pemerintah tapi sebenarnya dia dapat memberi dukungan terhadap ekonomi kreatif dan berkontribusi terhadap perekonomian,” pungkas Maya.

Syamsi Nur Fadhila

 

Baca Juga :   Setelah Monorel, Pemprov Sulsel Akan Berencana Bangun Jalan Tol