Dispar Makassar Genjot Potensi Wisata Bahari

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar tengah gencar menggenjot potensi wisata bahari. Beberapa pulau di Kota Makassar diketahui akan dikembangkan menjadi destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Memang sudah menjadi arahan dari pimpinan bahwa kota Makassar ini, kita kan harus mengembangkan potensi wisata alam apa yang kita miliki. Potensi yang kita miliki untuk kota Makassar adalah kepulauan. Jadi itulah yang menjadi tujuan untuk pengembangan destinasi wisata yang akan kita kembangkan selanjutnya,” ujar Anriany Saleng, Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Makassar, Kamis (11/7/2019).
Anri menambahkan, dari 12 pulau yang dimiliki Kota Makassar, yang dalam waktu dekat akan segera dikembangkan yakni Pulau Lanjukang, Pulau Lae-Lae, Pulau Samalona, dan Pulau Kodingareng Keke.
“Itu bisa menjadi destinasi pilihan yang akan kita kembangkan,” sambungnya.
Anry menambahkan, selain untuk memaksimalkan potensi kepulauan yang dimiliki, pengembangan sektor wisata bahari ini juga diharapkan akan mengejar keberhasilan pariwisata Makassar dalam sektor MICE (Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions) dan wisata belanja.
“Selama ini kan kita sudah berhasil kalau di industri MICE, alhamdulillah Makassar sudah menjadi lumayan bagus, kemudian wisata belanja. Sekarang kita kembangkan untuk wisata alamnya. Kalau berbicara mengenai potensi industri MICE, tentu saja pasti akan mempengaruhi kepada sektor perekonomian lainnya misalnya di UMKM. Dari beberapa (wisatawan) kota lain yang datang ke Makassar untuk melaksanakan kegiatan, mereka tentu saja tidak hanya untuk melakukan kegiatan formal, pasti mereka juga melakukan kegiatan wisata seperti jalan-jalan. Akhirnya bisa mendorong penghasilan dari UMKM,” jelasnya Anri. / Syamsi Nur Fadhila