Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan, Bagian dari Bela Negara

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Menerapkan protokol kesehatan Covid 19, seperti memakai masker secara benar, rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan, merupakan langkah yang wajib dilakukan setiap warga negara saat ini. Langkah itu dilakukan guna memutus rantai pennyebaran Covid 19.

Tak terkecuali I Nyoman Supartha, SE, Direktur Utama Bank Perkereditan R

I Nyoman Supartha selalu menggunakan masker di manapun beraktifitas

akyat (BPR) Hasamitra Makassar. Menurut Nyoman, menerapkan protokol kesehatan secara disiplin saat ini, ditambah selalu berpikir positif dan rutin berolahraga, merupakan salah satu tindakan sebagai wujud bakti pada negara atau bela negara.

“Setelah saya pribadi, disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid 19 kemudian saya terapkan di lingkungan keluarga dan lingkungan kerja,” ujar Nyoman.

Bapak empat anak ini mengajak anggota keluarganya untuk mengurangi aktifitas keluar rumah kecuali untuk keperluan bekerja dan memenuhi kebutuhan lain.

“Tinggal di rumah itu nikmat, ketika waktu yang ada dimanfaatkan untuk merawat, memelihara, menjaga dan berkomunikasi dengan tanaman penghias rumah agar udaranya selalu segar, bersih dan sehat,” sebut Nyoman

Begitu pula di kantor, Nyoman memilih membatasi menerima staf atau tamu untuk masuk ke dalam ruang kerjanya.  Mengimbau agar seluruh pekerja di BPR Hasamitra Makassar agar menggunakan masker dengan benar yang menutupi dagu, mulut dan hidung, mencuci tangan pada tempat-tempat yang sudah disediakan serta menjaga jarak fisik antara karyawan satu dengan yang lain, juga tak terus menerus dilakukan.

“Setidaknya, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja, dilakukan untuk memastikan bahwa kita kembali ke rumah, bertemu anggota keluarga yang lain dalam keadaan aman (dari virus, red),” tambahnya.

Di platform media sosial pribadinya, Nyoman juga kerap memposting dirinya menggunakan masker, berolahraga secara rutin di pagi hari atau saat hari libur hingga aktifitas bersih-bersih lingkungan sekitar kediaman. Langkah itu dilakukan, untuk mengajak pengikutnya di media sosial, setidaknya mau bersama-sama menjaga diri sendiri dan lingkungan sehingga terhindar dari Covid 19. Dengan begitu, secara bersama-sama juga membantu langkah pemerintah memerangi virus tersebut.

“Semakin cepat Covid 19 tertangani, tentu berdampak baik bagi kehidupan kita semua,” pungkasnya. Bali Putra