BPJS Kesehatan Mencegah Kemiskinan

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Kehadiran BPJS Kesehatan memberikan perubahan mendasar dalam kehidupan masyarakat, baik dari segi kesehatan maupun perekonomian.

Deputi Direksi Wilayah Sulselbartramal, dr Donni Hendrawan MPH mengatakan,  BPJS Kesehatan dapat menjadi investasi jangka panjang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Indonesia (UI) menunjukkan, BPJS Kesehatan meningkatkan harapan hidup sampai 0,31 tahun.

“Umur harapan orang semakin panjang, karena rajin memeriksakan kesehatan, dan sudah tidak lagi pusing memikirkan biayanya,” ungkapnya, di acara “Ngopi Bareng” media di Makassar, Rabu (31/7/2019).

Dokter Donni menambahkan, BPJS Kesehatan juga meningkatan kebersamaan sosial serta perlindungan finansial keluarga (mencegah kemiskinan).

“Saya dokter dan sejak ada BPJS nyaris tidak ada lagi info kita dengar, ada orang miskin setelah menjalani perawatan kesehatan. Kalau dulu, kadang ada yang harus hutang untuk menutupi biaya perawatan,” ucapnya

BPJS Kesehatan, kata Donni, memiliki fokus utama penguatan kemampuan pembiayaan jaminan kesehatan. Disebutkan bahwa pemerintah tidak ingin ada peserta yang terbebani biaya perawatan medis. Fokus kedua ada peningkatan kepuasan kesehatan, dan ketiga adalah peningkatan kapasitas operasional.

“BPJS melindungi semua lapisan masyarakat, mulai dari bayi sampai dewasa/tua, dengan berbagai fenomena penyakit yang diderita,” katanya.

Nur Rachmat