BI Gelar Pekan Ekonomi Syariah Makassar Secara Virtual

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Ada yang berbeda pada penyelenggaraan Pekan Ekonomi Syariah (PESyar) Makassar tahun ini. Kegiatannya dilaksanakan secara virtual, melalui aplikasi Zoom, mulai Kamis, 13 Agustus hingga 15 Agustus 2020.

Peserta yang menyaksikan pembukaan Peksyar Makassar 2020 dilakukan dengan scan QR menggunakan smartphone. Tepat jam 09.00 WITA, pembukaan acara dimulai dengan beberapa rangkain acara. Mulai pembacaan doa sebagai bentuk syukur, dan penampilan tari kesenian Islam dari Sanggar Sirajuddin.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPWBI) Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso mengatakan, Bank Indonesia (BI) Perwakilan mendorong Sulsel sebagai pusat pengembangan industri halal atau syariah di Kawasan Timur Indonesia (KTI), yang merupakan pertumbuhan ekonomi baru.

Beberapa upaya yang dilakukan BI guna mendorong terwujudnya ekonomi syariah di Sulsel, salah satunya kampanye ekonomi syariah melalui agenda tahunan Pekan Ekonomi Syariah (PESyar).

“Hajatan ini merupakan salah satu kegiatan ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Sulawesi Selatan. Event Pekan Ekonomi Syariah merupakan event tahunan yang digelar oleh Bank Indonesia, untuk tahun ini seluruh kegiatan dilakukan secara virtual,” ujar Bambang.

Sementara itu, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang turut mengikuti pembukaan PESyar turut merasakan suasana agak berbeda dari tahun sebelumnya, dari penyelenggaraan PESyar tahun ini.

“Harapannya kita bisa melewati keadaan ini bahkan lebih baik dari kondisi sebelum pandemi ini,” tuturnya. Nur Rachmat