Begini Kronologis Menurunnya Kesehatan BJ Habibie

BISNISSULAWESI.COM – Presiden RI ke-3 BJ Habibie saat ini sedang mendapat perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Munchen, Jerman. 
Begini kabar kronologis menurunnya kesehatan pakar pembuat pesawat tersebut, yang infonya  diberikan Sespri Habibie Rubijanto: 
[3/3, 09:23]
: Selamat malam.
Pada hari ini Kamis 1 Maret 2018 tepat jam 20.00 wib ( 14.00 wkt Muenchen ) saya sempat menelpon ke Jerman dan bicara langsung dgn Bp. B.J. Habibie.
Dengan suara parau beliau menjelaskan sbb :
bhw pd awalnya sulit & sesak bernapas ( terjadi pd Selasa 27.2.2018 ).
Maka rekan2 langsung membawa Bp BJH ke Klinik Starnberg di Muenchen.
Tim dokter langsung periksa Bp. BJH, dan diketahui bhw Klep Jantung termonitor ada kebocoran ( seperti yg dialami oleh Almh Ibu Hasri Ainun ).
Akibat dari kebocoran Klep Jantung :
* Terjadi penumpukan air pada paru2, menurut penjelasan penumpukan air s/d 1,5 liter sehingga terasa sulit / sesak napas.
* Tensi meningkat sampai 180 atas.
Analisa Tim Dokter :
Bp. BJH harus segera menjalani operasi Jantung,
atau
ditempuh pengobatan / tindakan dgn cara yg lebih canggih.
Bp BJH tidak menghendaki tindakan operasi Jantung,
Beliau lebih memilih operasi dengan metode baru yg lebih canggih..
—-
Besok Jumat 2 Maret Tim Dokter akan melakukan pemasangan Kateter ( dari mulut ) untuk mengetahui persisnya kebocoran Klep Jantung dan untuk menentukan tindakan mana yg lebih tepat akan ditempuh.
Bp. BJH sekarang sedang menulis E-mail ditujukan kpd saya, untuk selanjutnya saya ditugaskan untuk mem- forward kpd Tim Dokter Kepresidenan (TDK) RI di Jkt.
Bp. BJH berharap: pada pelaksanaan tindakan operasi Jantung di Muenchen nantinya dapat dihadiri / disaksikan oleh paling tidak 2 (dua) dokter TDK RI spesialis Ahli Jantung + 1 personil (tambahan) Paspampres.
* Beliau harapkan seluruh biaya perawatan dan tindakan medis yg timbul di Muenchen, ditanggung oleh Pemerintah RI sesuai Undang2 yg berlaku.
* Pemerintah Jerman melalui kantor Kanselir Merkel sdh mengetahui keadaan kesehatan Bp. BJH saat ini, dan sdh menelpon langsung Bp BJH.
Pemerintah Jerman memberikan perhatian penuh, dan menawarkan apa yg bisa dibantu.
Kami sampaikan kpd Bp BJH, bhw kami semua di Jakarta turut prihatin atas kesehatan dan mendoakan semoga Bp. BJH segera dpt teratasi dan lekas sembuh & lekas kembali ke Jakarta.
Kabar lebih lanjut akan selalu dimonitor  sesuai up date dari Muenchen.
Terima kasih.
RUBIJANTO
[3/3, 10:57]  Berita BJH di RS Munchen terakhir (jumat 2/3/2018 malam):
 Dokter sudah datang menjelaskan proses Jumat pagi. Ternyata, proses TEE (Trans Esophageal Echocardiography) tadi tidak berhasil melihat ke dalam jantung. Dikarenakan alat tidak dapat masuk lebih dalam, karena terhalang sumbatan di saluran yg menuju ke lambung. Yang akan dilakukan selanjutnya, adalah fokus kepada mencari tahu tentang sumbatan tersebut. Setelah diketahui dan diatasi, baru akan dilakukan kembali proses TEE. Dengan adanya sumbatan ini, diperkirakan masa perawatan di rumah sakit akan lebih lama dari yg diperkirakan (sebelumnya diperkirakan 1 minggu). Hari Senin, 5/3/18, akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui sumbatan tersebut.
[ Bobby, Muenchen ]
Mohon doa bersamanya buat kesehatan BJH , Semoga Allah paring BJH sehat kembali, Aamiin
Baca Juga :   Mendukung Kemajuan UMKM