Balai Besar Karantina Ikan Makassar Resmi Launching Pekan Pelayanan Publik

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar apel siaga dirangkaikan dengan launching Pekan Pelayanan Publik bertempat di kantor BKIPM Makassar, Jl. Dakota Sudiang Makassar pada tanggal 1 Juli 2019. Apel siaga dipimpin oleh Kepala Balai Besar KIPM Makasssar, Sitti Chadidjah dan dihadiri oleh pejabat struktural eselon III dan IV BKIPM Makassar, unit kerja eselon I KKP, pelaku usaha dan stakeholder. Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gendang bulo.

Pada tahun 2019 ini, Pekan Pelayanan Publik mengusung tema “Pelayanan publik dalam mendukung era revolusi industri 4.0”, dimana pejabat struktural dan petugas pelayanan memakai pakaian adat Bugis Makassar sebagai bentuk komitemen dan keberpihakan terhadap nilai-nilai budaya di Sulawesi Selatan. Dalam upacara tersebut, Sitti Chadidjah membacakan amanat dari Kepala BKIPM, Dr. Rina.

“BKIPM sebagai wakil Kementerian Kelautan dan Perikanan telah membangun sistem pemerintahan yang terintegrasi dan berbasis digital melalui sistem Indonesia National Single Window (INSW) yang dapat diakses oleh publik dan mengutamakan kecepatan pelayanan. Sebagai dukungan terhadap peningkatan pelayanan publik, maka BKIPM telah mencapai tahun keempat dalam melaksanakan Pekan Pelayanan Publik. Pekan pelayanan publik tahun ini berlangsung dari tanggal 1 sampai 6 Juli 2019 dengan menggabungkan kearifan lokal dan teknologi revolusi industri 4.0 sebagai bagian dari komitmen pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Disamping itu kegiatan Pekan Pelayanan Publik merupakan dukungan terhadap peringatan hari pelayanan publik internasional yang jatuh pada tanggal 23 Juni”, kata Sitti.

Untuk mendukung tema revolusi industri 4.0 dalam gaya milenial, BKIPM Makassar mencoba mengangkat tokoh superhero fiksi Iron Man yang mewakili kecanggihan teknologi dan memiliki kecerdasan buatan yaitu sistem komputer antar muka yang bisa dikembangkan menjadi asisten pribadi yang mengurus kebutuhan privat maupun bisnis. Adapun tokoh legendaris pahlawan lokal yang mewakili Sulawesi Selatan yaitu Sultan Hasanuddin yang akan bersatu padu bersama Iron Man menumpas kejahatan illegal fishing dan destructive fishing di laut. / Komang Ayu

Baca Juga :   Telkomsel Apresiasi Bareskrim Polri Atas Penangkapan Tersangka Tindakan Illegal Acces Data Pelanggan