Ayam Goreng Fatmawati Hadir di Gowa

BISNISSULAWESI.COM, GOWA – Salah satu franchise bidang kuliner, Ayam Goreng Fatmawati (AGF) kini hadir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. AGF cabang Gowa yang berlokasi di Ruko Yasmin Jalan Tumanurung Raya, Gowa dibuka, Jumat (17/02/2020).

Pembukaan cabang Gowa ini merupakan outlet ketiga AGF setelah sebelumnya ada di Manggala Junction Jalan Perintis Kemerdekaan dan AGF Panakkukang yang berada di Jalan Boulevard Makassar.

“Iya, ini (Cabang Gowa, red) adalah AGF ketiga di Sulawesi Selatan,” ungkap Pemilik Franchise AGF untuk Indonesia Timur, Bambang Widjaja disela-sela acara pembukaan AGF Gowa.

Bambang mengaku optimis AGF cabang Gowa akan bertumbuh, meskipun pembukaannya dilakukan di tengah pandemi Covid 19. Diakui, banyak kerabat yang menilainya nekat ketika memutuskan tetap membuka cabang Gowa dalam situasi ekonomi yang kurang baik seperti sekarang.

“Rencana pembukaan cabang ini sudah kami rancang sebelum covid 19 mewabah. Kami yakin, masih terbuka peluang di usaha kuliner, walaupun banyak yang pesimis. Tantangan pasti ada, yang terpenting, bagaimana AGF mengemas peluang yang ada,” ujar Bambang.

Berkaca dari AGF Panakkukang yang tetap jalan dalam situasi sekarang ini, AGF Gowa juga akan mengikuti langkah sama. Apalagi, AGF Panakkukang dan Cabang Gowa masih dalam satu manajemen.

“Kalau hanya mengandalkan orang datang makan ke tempat kami, itu pasti kurang. Tapi kami terus berinovasi dengan langkah-langkah lain melalui online, box dan paket frozen. Terbukti itu juga sangat diminati,” sebut Bambang.

Dikatakan, AGF memiliki beberapa produk dan tipe jualan. AGF di daerah lain seperti di Jawa Barat misalnya, AGF buka dalam bentuk store lounge, ada food court bahkan gerobak menyesuaikan dengan situasi dan kebiasaan masyarakat setempat. Untuk Indonesia Timur, Bambang akan mengemas dalam tiga produk juga seperti store lounge, express dan stockist.

“Dari tiga yang sudah buka di Sulawesi kan dalam bentuk store lounge. Kalau express itu nantinya akan buka hanya dengan menjual sebagian menu yang menjadi andalan. Sementara stockist itu hanya menyiapkan bahan baku. Ayam misalnya, apakah nanti disiapkan masih mentah atau sudah siap saji dalam bentuk packaging frozen,” tambahnya.

Operational Manager AGF Panakkukang dan Cabang Gowa, Suro Budi Arto menambahkan, AGF Cabang Gowa lokasinya sangat strategis, dekat dengan perumahan, perkantoran dan pusat pemerintahan. AGF Cabang Gowa berkapasitas hingga 100 kursi di lantai bawah dan tempat rapat terbatas berkapasitas 20 – 25 kursi lengkap dengan proyektor dan sound system.

“Kami menawarkan suasana, keamanan dan kenyamanan dengan harga terjangkau. Memang masyarakat sekarang lebih dimudahkan dengan banyaknya usaha kuliner rumahan yang bermunculan. Namun, kami ini franschise sehingga ada standar yang harus diikuti. Dengan begitu, makanan yang disajikan pun dipastikan kelayakan, kebersihannya dan kesehatannya, baik dari bahan baku, pengolahan hingga pengemasan,” sebutnya.