Anggota Performa Sabet Penghargaan Salon Foto Indonesia

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Pelaksanaan gelaran Salon Foto Indonesia (SFI) – Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI) ke-40, yang dilaksanakan di Bali oleh Perhimpunan Fotografer Bali (PFB) telah usai.

Satu-satunya gelaran kurasi, lomba, sekaligus pameran fotografi amatir terbesar di Indonesia ini, kembali membuahkan cerita manis bagi beberapa anggota Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa). Dengan disabetnya beberapa penghargaan, seperti Best foto Arsitektur oleh Aman Ali Surahman pada kategori Cetak Monokrom, dan Best Foto Landscape oleh sofyan Layuk di kategori yang sama.

Sementara di kategori lain, penghargaan medali Best Set di kategori softcopy street fotografi diraih oleh mizhanul Haq, dan medali perunggu softcopy travel oleh Rezki Sugiharto Nurdin.

Beberapa anggota Performa juga berhasil tembus untuk dibukukan karyanya. Hampir dari keseluruhan objek gambar foto, mengedepankan unsur keindahan fotografis yang diikutkan anggota PERFORMA ini, diambil di beberapa tempat di wilayah Sulsel. Baik itu foto bentang alam (landscape), festival kebudayaan, seni, bangunan modern, bahkan kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Organisasi PERFORMA  sebagai anggota resmi Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI) yang berafiliasi dengan Federation Internationale de L’Art Photographique (FIAP) yang bermarkas di Prancis, setiap tahunnya ikut secara aktif dalam gelaran Salon Foto Indonesia, selalu membuahkan prestasi yang menggembirakan. Untuk itulah Musyawarah Nasional FPSI 2019 menunjuk Performa menjadi tuan rumah, dan Makassar sebagai tempat dilangsungkannya gelaran fotografi amatir Salon Foto Indonesia 2020.

Nur Rachmat