7 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

 

 

TAK terasa, sebentar lagi akan merayakan hari raya Idul Fitri, yang penuh dengan sukacita. Meski ramadan kali ini agak berbeda, karena adanya wabah Covid 19, namun jangan sampai semangat di bulan penuh berkah ini jadi menurun. Anda tetap bisa membangun bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan dan menjelang lebaran.

Jangan Jadikan PSBB Halangan untuk Memulai Bisnis

Meski beberapa wilayah di Indonesia telah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), namun jangan jadikan hal tersebut sebagai halangan usaha Anda dalam mencari rejeki dan memanfaat peluang.

Anda bisa berbisnis dengan berbagai cara tanpa melanggar aturan PSBB. Pasalnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk berbisnis, yakni bisa berbisnis melalui media online,  door to door, atau mendaftarkan bisnis kulinermu di platform ojek online.

Terlebih, bulan ramadhan menjadi momen yang paling dinanti-nanti para pecinta kuliner. Sehingga, membangun bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan, menjadi peluang yang sangat besar, untuk mendapatkan keuntungan.

Ada banyak pilihan bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan, yang bisa Anda jalani. Anda tinggal pilih, bisnis mana yang sekiranya bisa Anda bangun dengan mudah, dan tentunya bisa disesuaikan dengan modal usaha yang Anda punya.

Daripada bingung, yuk langsung saja simak deretan bisnis kuliner yang menjanjikan di tahun 2020 ini.

  1. Es Buah / Es Campur

Bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan yang pertama adalah bisnis es buah atau es campur. Pasalnya, menu berbuka identik dengan yang segar-segar dan yang manis-manis, sehingga es buah atau es campur, biasanya menjadi hal yang paling banyak dicari orang ketika ingin berbuka puasa.

Selain itu, berbisnis es buah atau es campur juga tidak memiliki modal yang terlalu besar. Artinya, Anda tidak harus menyewa sebuah tempat yang luas, seperti ruko atau kedai. Cukup membuka usaha di atas gerobak atau meja biasa, Anda sudah bisa membuka bisnis es buah atau es campur di rumah.

Estimasi kebutuhan bisnis es buah atau es campur:

  • Buah-buahan (melon, apel, buah naga, kelapa, alpukat, anggur, strawberry, dan lain-lain)
  • Jelly atau agar-agar
  • Susu kental manis kaleng
  • Gula pasir
  • Sirup botolan
  • Es batu
  • Wadah es yang besar
  • Kemasan plastik atau gelas plastik

Jenis-jenis es menyegarkan yang bisa jadi peluang besar lainnya adalah es cendol, es cincau, dan masih banyak jenis es yang bisa kamu kembangkan.

  1. Aneka Kolak

Selain yang segar-segar, bulan ramadhan juga identik dengan yang manis-manis seperti kolak. Dengan begitu kamu bisa menjadi kolak sebagai peluang bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan. Ada banyak jenis kolak yang bisa kamu jajakan di sore hari, mulai dari kolak pisang, kolang-kaling, kolak ubi, biji salak dan lain-lain.

Kolak juga menjadi salah satu jenis bukaan yang simpel, karena selain bisa dijadikan minuman, kolak juga bisa mengenyangkan perut. Sehingga, kolak menjadi pilihan kuliner yang tepat untuk berbuka puasa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemukan. Cara membuatnya pun simpel, dan hanya tinggal memasukan semua bahan ke dalam wadah panci.

Estimasi kebutuhan bisnis kolak:

  • Buah pisang uli, kepok, atau tanduk
  • Ubi jalar
  • Kolang-kaling
  • Gula merah
  • Santan
  • Gula Pasir
  • Daun pandan
  • Panci besar untuk mengolah kolak
  • Kemasan plastik atau gelas plastik
  1. Makanan Hits / Minuman Hits

Kuliner ramadhan memang menjadi kuliner yang selalu dirindukan, namun selain berbisnis kuliner yang sering dijajakan di saat ramadhan, apa salahnya jika Anda berbisnis makanan atau minuman hits, sebagai bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan tahun ini?

Seperti yang diketahui ada banyak makanan dan minuman hits yang hadir di tahun ini. Sebut saja seperti puding cokelat oreo, churros, bola-bola kentang isi keju, minuman dalgona coffee, kopi kekinian, dan masih banyak lagi.

Pasalnya, makanan dan minuman hits tersebut bisa jadi peluang besar, untuk meraup keuntungan di ramadhan ini. Anda hanya tinggal pilih jenis makanan atau minuman hits mana, yang sekiranya bisa berpeluang menghasilkan pundi-pundi.

Untuk kebutuhan dan resep makanan atau minuman hits tersebut, sekiranya bisa Anda dapatkan di berbagai platform. Bahkan, di platform Tiktok sekalipun. Selamat mencoba ya!

  1. Buah Kurma

Tahukah Anda, bahwa buah yang satu ini wajib ada ketika bulan ramadhan tiba? Ya, buah kurma menjadi makanan sunnah para Nabi untuk menu berbuka puasa, dengan jumlah yang ganjil. Sangat simpel bukan? Sehingga, kurma bisa menjadi peluang bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan berikutnya.

Anda bisa menjajakan banyak jenis kurma, agar pembeli bisa memilih jenis kurma yang diinginkan. Seperti yang diketahui, bahwa kurma memiliki banyak jenis, mulai dari kurma Ajwa, Medjool, Sukari, Halawi, Zaghloul, Mazafati, Sekki, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya untuk berbuka, kurma juga sering disediakan untuk camilan saat lebaran. Anda bisa menjualnya dengan berbagai cara, mulai dari dijajakan secara langsung, atau melalui online. Yuk, mulai bisnis kurma  sekarang juga.

  1. Aneka Gorengan

Nah, untuk jenis bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan, yang satu ini mungkin sangat digemari masyarakat Indonesia. Ya, siapa di antara kalian yang tidak suka gorengan?

Tidak hanya di bulan ramadhan, gorengan selalu menjadi makanan favorit warga Indonesia. Ada berbagai macam jenis gorengan yang bisa Anda jajakan, seperti tahu isi, tempe mendoan, risol, cireng, singkong goreng, pisang goreng, dan masih banya lagi.

Bagi beberapa orang yang tidak ingin makan berat ketika berbuka puasa, gorengan menjadi pilihan tepat untuk menemani berbuka puasa. Wah, jadi ikut membayangkan.

  1. Lauk Matang

Di kondisi pandemi corona seperti ini, tidak sedikit keluarga yang malas untuk memasak. Hal itu dikarenakan, jarangnya penjual bahan-bahan makanan atau tukang sayur yang buka. Sehingga, berjualan lauk matang, bisa jadi bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan, tahun ini.

Terlebih, penerapan PSBB di beberapa wilayah, membuat orang-orang sulit untuk keluar rumah. Nah, jasa Anda sebagai penjual lauk matang sekiranya sangat dibutuhkan, khususnya ketika memasuki bulan ramadhan besok.

Anda bisa memasak lauk-lauk seperti tempe orek, sayur bening, ikan goreng, ayam goreng, hingga sambal, untuk mereka yang kesulitan mendapatkan menu buka puasa dan menu sahur.

Untuk menjajakannya, Anda juga bisa menggunakan jasa layanan antar barang atau delivery, dari aplikasi ojek online. Yuk, terus berusaha, meski corona masih melanda.

  1. Makanan Frozen

Selain lauk matang, Anda juga bisa menjual makanan frozen atau makanan beku, sebagai salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan di bulan ramadhan tahun ini. Jika lauk matang harus segera dihabiskan, berbeda dengan makanan frozen, di mana pembeli bisa memasak dan memakan sesuai kebutuhan mereka.

Makanan frozen juga sangat membantu banyak orang, untuk tetap bertahan hidup di tengah pandemi corona seperti ini. Makanan frozen juga mudah disimpan, dan tahan lama. Jadi bisa dimasak ketika ingin berbuka puasa, dan ketika ingin sahur.

Ada banyak jenis makanan frozen yang bisa Anda jual, mulai dari dimsum, otak-otak, donat kentang, kebab, risol, nugget, cireng, dan masih banyak lagi. Anda sebagai penjual, juga hanya membutuhkan lemari es besar saja, sebagai modal awal.

Nah itu dia beberapa peluang bisnis kuliner yang menjanjikan. Terlebih kuliner menjadi hal yang tidak akan pernah ada habisnya, sehingga akan selalu dicari orang.

Artikel sudah dimuat di bisnisbandung.co.id