Digifest 2020 Dipastikan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Selatan

BISNIS SULAWESI – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan akan menggelar festival Eastern Indonesia Region Digital Festival 2020 (KTI DIGI-FEST 2020). Festival tersebut akan dilaksanakan di Celebes Convention Center (CCC), Makassar, tanggal 11-12 Januari 2020 mendatang.

Digital Festival yang digelar nantinya ini, merupakan kegiatan pertama kalinya akan dilaksanakan di Indonesia dan BI Sulsel sebagai penyelenggara pertama.

“Hal ini merupakan langkah awal transformasi digital dalam membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital di Wilayah KTI. Tujuannya untuk menciptakan kesadaran secara masif menggunakan QRIS dari berbagai lini industri,” ujar Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengedar Uang Rupiah, dan Layanan Administrasi, Iwan Setiawan

Pada DIGI-FEST tersebut akan berlangsung seremonial launching DIGI-FEST, fun sport, bazaar & expo, komunitas hobi, festival kopi, hiburan artis dan lain-lain, di mana seluruh transaksi pembayarannya akan menggunakan QRIS.

KTI DIGI-FEST 2020 ini juga akan diikuti oleh tenant yang terdiri dari PJSP & Perbankan, festival kuliner, otomotif, komunitas (gamers, pet lovers, adventure). Sementara itu, peserta festival tersebut berasal dari Perbankan, PJSP non-bank, kuliner, otomotif, perhotelan & travel, komunitas (gamers, pet lovers, adventures).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso menjelaskan keunggulan dari QRIS ini, bersifat universal, karena penggunaannya inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik, maupun nantinya luar negeri.Tak hanya itu, keunggulan lainnya, yakni masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman, hanya dalam satu genggaman ponsel.

“Perhelatan yang besar Digifest 2020 melibatkan seluruh kawasan timur indonesia ada 18 provinsi, ini adalah sesuatu yang sangat baru, ini menandakan era yang baru , hal ini tidak bisa dipungkiri karena era digital sudah di depan mata. seperti yang kita juga ketahui bahwa prospek ekonomi Sulsel kedepan akan terus tumbuh, untuk itu pentingnya sistem pembayaran yang mudah untuk masyarakat.” Ungkapnya

lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa kegiatan Digifest 2020 ini berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat, pemerintah daerah, industri jasa keuangan dan para UMKM dan komunitas yang ada di Wilayah Indonesia Timur Indonesia.