Dikukuhkan sebagai Guru Besar, Prof Makmur Saini Paparkan Temuannya

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, mengukuhkan Prof Makmur Saini sebagai guru besar. PengukuhanNYA diadakan pada rapat senat terbuka luar biasa di Aula Lt 3 Gedung Direktorat Kampus I PNUP, Tamalanrea, Selasa (5/11/2019).

Prof Makmur Saini berstatus sebagai dosen di Jurusan Teknik Mesin, Program Studi DIV Teknik Pembangkit Energi. Ia menerima jabatan Guru Besar atau Profesor, pada bidang transmisi dan distribusi energi listrik. Rapat senat terbuka pengukuhan gelar profesor dipimpin langsung oleh Direktur PNUP, Prof Muhammad Anshar.

Pada kesempatan tersebut, Prof Makmur Saini juga menyampaikan pidato akademiknya. Yakni berjudul “Modifikasi Transformasi Clarke untuk Mendeteksi dan Mengklasifikasi gangguan pada jaringan transmisi berdasarkan transformasi wavalet dan jaringan syaraf tiruan”.

Pidato akademik tersebut merupakan hasil penelitian dari Prof Makmur Saini, yang memperkenalkan algoritma baru, untuk mendeteksi dan mengklasifikasi gangguan dengan menggunakan transformasi wavelet, dan jaringan syaraf tiruan berbasis modifikasi transformasi Clarke pada saluran transmisi, dengan memasukkan formula arus gamma ke dalam matriks transformasi Clarke.

Dengan dikukuhkannya Prof Makmur Saini sebagai guru besar, juga sekaligus mencatatkan bahwa saat ini Politeknik Negeri Ujung Pandang sudah memiliki dua guru besar.

Dalam waktu dekat ungkap Prof Muhammad Anshar, PNUP juga akan kembali mengukuhkan satu lagi Guru Besar.

Nur Rachmat