Hari Pertama Makassar Hoteliers Competition, 25 Peserta Ikuti Food and Beverage Skill Competition

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR — Penyelenggaraan Makassar Hoteliers Competition yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar dimulai dengan kompetisi Skill Food and Beverage.
Food and Beverage Skill Competition yang dihelat di Hotel D’Maleo, Jalan Pelita Raya, Senin (29/7/2019), diikuti 25 peserta dari perwakilan hotel yang ada di Kota Makassar.
Ketua Asosiasi Food and Beverage Manager Indonesia Facilities Management Association (IFMA), Irfan Saputra memaparkan, dalam kompetisi ini ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh peserta.
“Pertama adalah tentunya sudah masuk di kriteria penilaian adalah appearance atau attitude. Jadi, kita bukan hanya menilai skill, tapi penampilan, tingkah laku, kejelian, keserasian dengan tema atau konsep yang akan dilombakan, dan explanation kenapa mengambil tema yang diikutsertakan dalam lomba,” jelas Irfan.
Ia menambahkan, para peserta akan dibagi ke dalam 6 sesi perlombaan. Setiap sesi terdiri dari 4 peserta dengan tiga kriteria perlombaan.
“Ada tiga kriteria, yang pertama adalah melipat napkin, setiap peserta di beri waktu 5 menit. Kemudian 10 menit untuk preparation dan 10 menit final eksekusi atau hasil akhir. Jadi totalnya 25 menit,” terangnya.
Pria yang juga merupakan Food and Beverage Manager di Hotel Swiss-belinn ini menjelaskan, pelayanan pada bidang food and beverage ini sangat penting. Pasalnya bidang food and beverage menjadi organ vital dalam pelayanan kepariwisataan.
“Jadi, amat sangat vital food and beverage karena apabila wisatawan tidak merasakan pelayanan yang baik selama di Makassar, mereka akan kapok datang ke Makassar. Boleh dibilang food and beverage adalah garda terdepan kepariwisataan,” pungkas Irfan. / Syamsi Nur Fadhila