Layani Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel Bangun 10.000 BTS LTE

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka, Ronny Arnaz, saat melakukan press conference di Baruga Telkomsel Makassar, Jumat (11/5/2019).

“Pada momen RAFI ini, keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji. Umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan, agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI,” ujarnya.

Pada RAFI tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 14% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 60 % jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun pelanggan saat ini didominasi penggunaan layanan data.

Tingginya penggunaan layanan data, antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas mudik dan wisata ke media sosial, serta aplikasi pesan instan.

Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar-2% dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar-25% dibanding hari normal.

Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS.

Di samping membangun ribuan BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 12.780 BTS 4G, mengoperasikan 16 mobile BTS yang tersebar di seluruh Area Pamasuka, serta menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Sementara, Vice President ICT Network Management Telkomsel Area Pamasuka, Samuel Pasaribu menambahkan, untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan, Telkomsel telah menggelar drive test rutin di berbagai titik. Seperti Balikpapan – Banjammasin, Makassar – Pare-Pare, Banjarmasin – Palangkaraya .

Kenyamanan pelanggan Telkomsel di wilayah Pamasuka dalam berkomunikasi di periode RAFI 2019 didukung sekitar 44. 285 BTS di seluruh wilayah Pamasuka, termasuk sekitar 14.800 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

“Selain itu, untuk mengoptimalkan kualitas layanan data kepada pelanggan, Telkomsel area Pamasuka juga telah mengembangkan kapabilitas teknologi LTE Advanced Pro atau 4,9G di beberapa titik di wilayah Pamasuka, yaitu di daerah Pasar Segar Makassar dan di sekitar Fave Hotel Banjarmasin,” jelas Samuel.

Teknologi LTE Advanced Pro atau 4,9G tersebut diterapkan oleh Telkomsel, dengan menggunakan teknologi Massive MIMO. Ini akan dapat memberikan kapasitas laynanan data lebih besar, pengguna lebih banyak, dan customer experience yang konsisten.

Selain itu kami juga sudah mulai meng on airkan IoT (Internet Of Things ) di Makassar dan Balikpapan melalui pemasangan beberapa CCTV yang ditempatkan di Pelabuhan Semayang Balikpapan dan Masjid Al Markas Al Islami Makassar.

Tidak hanya di 2 titik tersebut, pemasangan CCTV dengan menggunakan jaringan 4G, juga telah hadir di beberapa kota, diantaranya di Ternate, Kendari, Gorontalo, Palu, Pare-Pare dan Samarinda.

Nur Rachmat