Pengukuhan IKA-UNM, Rektor : Sinergi dan Peran Strategis Alumni Mewujudkan Kemajuan Bangsa

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Ratusan pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA), Universitas Negeri Makassar (UNM) masa bakti 2019-2023 resmi dikukuhkan. Prosesi pelantikan dan rapat kerja di helat di Ballroom Pinisi, Hotel Claro, Makassar, Rabu (3/4/2019).

Nurdin Halid yang dikukuhkan sebagai Ketua Umum IKA-UNM dalam sambutanya menyatakan terima kasih atas kepercayaan alumni UNM mengamanahkan sebagai ketua, sekaligus menyampaikan sejumlah rancangan program kerja dan prospek yang menjadi sasaran kepengurusan IKA-UNM kali ini.

Diantaranya, IKA-UNM akan mengembangkan jejaring dan pemberdayaan alumni, serta saling sinergi dan menguatkan dengan almamater. Sejumlah hal juga akan dikoneksikan dalam hal mewadahi diaspora alumni UNM yang dituntut memberikan kontribusi serta peran-peran yang strategis. IKA-UNM diharapkan menjadi organisasi yang memiliki arti penting untuk mendorong perbaikan kulitas alumni dan kualitas kampus dan penciptaan lapangan kerja.

“Kita sedang menggodok kampus dengan Konspesi Kampus Maritim Millenial, di tengah tantangan zaman yang semakin berat, alumni memiliki peran strategis medorong brand dan market velue, sehingga menciptakan nilai khas yang kuat dan dapat mewujudkan alumni yang berdaya saing di tingkat global. Kita punya logo Kapal Pinisi, itu simbol maritim,” jelas Nurdin yang juga salah satu praktisi ekonomi koperasi itu.

Selain memaparkan sejumlah proyeksi stategis bagi IKA dan kampus UNM, Nurdin juga berharap capain UNM yang telah diraih makin ditingkatkan, baginya ketika trend universitas berkelas dunia muncul, keinginan untuk menjadi bagian terbaik dalam dunia pendidikan, harus mendorong UNM masuk dalam deretan Universitas bertaraf Internasional. UNM yang dulunya dikenal dengan IKIP Ujungpandang memiliki jumlah alumni hingga 129.995 orang. Sebagian besar alumninya menjadi pendidik namun juga tidak sedikit yang berkiprah di tempat lain yang tersebar di berbagai pelosok dan kota di Indonesia dan belahan dunia.

Rektor UNM, Prof Husain Syam, menyampaikan Ikatan Keluarga Alumni diharapkan memfasilitasi dialog-dialog yang positif dan menjadi ‘patner kerja’ bagi universitas, dengan semangat seperti itulah IKA-UNM diharapkan mampu menjembatani antara kampus dengan alumninya, dengan pemerintah dan masyarakat luas. Semua bertujuan agar peran alumni dan kampus bisa bersinergi dan berkontribusi.

“Menjadikan UNM sebagai kampus yang melahirkan para alumni yang mumpuni, tangguh dan menjadi tauladan ditengah masyarakat. Kontribusi IKA sendiri untuk mewadahi dan mentransformasikan nilai-nilai kebaikan, mewujudkan kemajuan bangsa, Khaerunnas anfauhum linnas,” sebut Rektor.

Dalam SK Pengurus IKA-UNM periode 2019-2023, Ketua Dewan Penasehat diisi oleh Rektor UNM, Prof Husain Syam, Ketua Dewan Kehormatan diisi oleh Prof Arismunandar dan Ketua Dewan Pengarah oleh Andi Jamarro Dulung. / Komang Ayu