Dispar Makassar Kembali Gelar Pekan Produk Kreatif

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar kembali menggelar Pekan Produk Kreatif, untuk kali kelima di Hotel Claro Makassar, Selasa (2/4/2019).

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Makassar, Amalia Malik mengatakan, Pekan Produk Kreatif kali ini dilaksanakan sedikit berbeda dari pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya.

Jika di tahun-tahun sebelumnya, Pekan Produk Kreatif dilaksanakan dalam bentuk pameran, kali ini dikemas dengan sedikit berbeda, karena menyasar kaum milenial.

“Pekan produk kreatif ini memang menjadi agenda tahunan dari Dinas Pariwisata Kota Makassar, tetapi untuk kali ini Pekan Produk Kreatif agak berbeda dari biasanya. Tahun sebelumnya kita bersifat pameran, tetapi pada tahun ini kita mengubah sedikit, karena kita menyentuh kaum milenial, sehingga kita membuat ini acara yang sifatnya untuk kaum milenial,” jelas Lia, sapaan karibnya.

Hal inilah yang kemudian membuat Dispar Kota Makassar mengangkat tema mengenai kopi dengan tagline “Good Ideas Start With Coffee” dalam pelaksanaan Pekan Produk Kreatif kali ini, dengan melibatkan berbagai komunitas barista dan pengusaha coffee shop di Kota Makassar.

“Makanya tema kali ini adalah yang kita angkat adalah “Ide Itu Muncul Dari Secangkir Kopi” sehingga kita melibatkan komunitas barista, dan komunitas lainnya yang terkait dengan kaum milenial,” jelasnya.

Lia menambahkan, dipilihnya kopi pada tema kali ini, tak lepas dari pesatnya pertumbuhan coffee shop atau kedai kopi, yang hadir di Kota Makassar

“Memang kita lihat sekarang bahwa Makassar sangat berkembang, terkait dengan kedai kopi, dan kopi itu kan sangat identik dengan orang nongkrong, sambil membicarakan tentang perkembangan yang ada sekarang, maupun tentang bisnis,” beber Lia.

Lia berharap, kegiatan ini nantinya memiliki sumbangsih dalam peningkatan perekonomian masyarakat Kota Makassar, khususnya dalam bidang industri perkopian.

“Harapan kita tentunya, bukan saja Makassar punya brand untuk orang bisa datang kesini. Tapi melalui kegiatan ini, kita berharap bisa meningkatkan perekonomian kota Makassar melalui industri kreatif perkopian, dan pengembangan jejaring pemasaran produk ekonomi kreatif di Makassar,” pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail.

Syamsi Nur Fadhila