Puluhan Wartawan Mengunjungi Lokasi Pembibitan Tanaman PT Vale

BISNIS SULAWESI, SOROWAKO – Puluhan wartawan dari berbagai media nasional maupun lokal, melakukan Media Visit di PT Vale Indonesia Tbk, Sorowako, Rabu (27/3/2019).

Awak media berkesempatan melihat lebih dekat perusahaan yang mendapat lisensi dari pemerintah Indonesia dalam melakukan eksplorasi, penambangan, pengolahan, dan produksi nikel di Sorowako, Bahodopi, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Dihari pertama, PT Vale membawa mengunjungi lokasi pembibitan tanaman (Nursery) yang seluas 2 hektar yang dikembangkan sejak 2005. Wartawan diajak berkeliling melihat jenis pohon dan tanaman hias yang dibudidayakan.

Diungkapkan Manager Reklamasi, PT Vale Yohan Lawang, perusahaan mengelola kurang lebih 20 ribu jenis bibit pohon. Beberapa diantaranya pionir, mahoni, kaloju, salam, ketapang, malotus, sepatu dea, buri, kayu angin, kayu hitam, gaharu, kayu tanduk dan jenis lainnya.

“Sekali penanaman itu bisa sampai 1400 tapi bertahap. Jadi, awal penanaman itu pionir sebanyak 400 pohon per hektar, lalu tahun kedua dan ketiga disisipi 1000 tanaman yang lainnya,” jelasnya.

Masyudi Firmansyah