Danny Pomanto: Masyarakat Kurang Pengetahuan Literasi Keuangan

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menyebut, banyaknya kasus penipuan keuangan disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat akan literasi keuangan.

Hal tersebut disampaikan Danny usai melantik Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Makassar, di Sombere City Galery, Gedung Balaikota Makassar, Kamis (28/3/2019).

Untuk meminimalisir itu semua, sebut Danny, dibentuklah TPAKD yang merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera

“Sekarang banyak penipuan tentang haji, MLM (Multi Level Marketing), karena masyarakat itu kurang pengetahuan tentang literasi keuangan. Nafsunya lebih besar daripada pengetahuannya,” terang Danny.

Ia menyebutkan, TPAKD dibentuk dengan tujuan untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya, mencari terobosan akses keuangan yang lebih produktif dan mendorong Lembaga Jasa Keuangan untuk meningkatkan peran.

“Dengan begini, kita juga dapat menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan masyarakat dalam pembangunan ekonomi daerah dan mendorong optimalisasi potensi sumber dana dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif untuk mengembangkan UMKM,” pungkasnya.

Syamsu Nur Fadhila