UNBK Semakin Dekat, Disdik Makassar Akan Gelar Simulasi

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SD dan SMP rencananya akan digelar pada bulan April mendatang.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan UNBK di Kota Makassar, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar akan menggelar simulasi UNBK untuk tingkat SD dan SMP.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Abdul Rahman Bando, simulasi dilakukan untuk memberi pemahaman awal kepada siswa agar nantinya tak kesulitan mengoperasikan piranti komputer saat pelaksanaan UNBK berlangsung.

“Simulasinya kami sudah berjalan, dan hari Senin kemarin (18/3/2019) adalah hari terakhir. Itu simulasi nasional. Tapi kedepan kami masih ada rencana untuk melakukan simulasi lokal khusus Kota Makassar,” jelasnya, Selasa (19/3/2019).

Simulasi lokal ini nantinya akan difokuskan bagi siswa yang tinggal dan bersekolah di pulau-pulau. Pasalnya, mereka kerap kali merasa grogi dalam mengoperasikan komputer.

“Anak-anak sekolah yang tinggal di daratan sini tidak masalah tapi bagi anak-anak kita yang dari pulau ini masih harus sering dilatih agar mereka nanti tidak gaptek dan bisa siap menghadapi (ujian) ini,” paparnya.

Rencananya, simulasi tersebut akan dilakukan pada akhir bulan Maret ini dan pada awal April mendatang sebelum memasuki pelaksanaan UNBK tanggal 22 April 2019.

Syamsi Nur Fadhila