Memasuki Bulan Ketujuh Pasca Dilaunching, Kanre Rong Belum Juga Diresmikan

BISNIS SULAWESI, MAKASSAR – Sejak dilaunching pada 17 Agustus 2018 lalu, peresmian kawasan pedagang kaki lima (PK5) Kanre Rong Ri Karebosi terus ditunda. Hal itu ditengarai masih banyaknya kios-kios yang belum ditempati oleh para pedagang

“Jadi ada beberapa teman yang di Bontoala dan Rappocini itu yang  tempatnya (lapaknya) sudah kita ratakan tapi mereka belum masuk ke Kanre Rong,” kata Harun Rani, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Selasa (5/3/2029).

Ia menambahkan, sekitar 40 pedagang masih belum menempati kios mereka di Kanre Rong. Olehnya itu, Harun dan pihaknya telah melakukan koordinasi bersama camat terkait perihal pedagang yang masih enggan masuk ke Kanre Rong.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan camat bersangkutan, sudah melaporkan bahwa ada warga kita yang belum sempat masuk kedalam. Namun barangkali menurut hemat saya, mereka (pedagang) terkendala di permodalan, yang kedua mereka barangkali mencari waktu yang tepat untuk masuk,” ujarnya.

Sementara itu, Mantan Camat Mariso ini mengaku, peresmian Kanre Rong akan dilakukan ketika semua kios telah terbuka dan dioperasikan oleh para pedagang.

“Ya sebaiknya sih harus dulu kelihatan semua, lengkap, baru saya laporkan ke Pak Wali. Ini kan dalam kondisi bahwa memang belum sepenuhnya pedagang menempati tempatnya sehingga bapak me-mending (red:pending),” pungkas Harun Rani.

Syamsi Nur Fadhila