YONZIPUR-8/SMG SELESAI MELAKSANAKAN MISI KEMANUSIAAN DI PALU

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —Sejak 30 September 2018, 305 Prajurit Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi sarana maupun prasarana infrastruktur pasca gempa, tsunami dan likuifaksi tanah di wilayah Palu, Donggala dan Sigi.

Tak terasa kurang lebih 9 (sembilan) Minggu dilaluinya dan hari ini Senin (19/11) tiba di Makassar, diterima langsung oleh Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Surawahadi dalam acara Apel Penyambutan yang digelar di Pelabuhan Soekarno Hatta Jl. Penghibur Makassar.

Mayjen TNI Surawahadi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kembali di pangkalan, disertai ucapan terima kasih dan apresiasi atas kontribusi Satgas Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna yang membantu memulihkan situasi dan kondisi daerah pasca gempa, tsunami serta likuifaksi tanah secara signifikan.

“Saya berharap, pengalaman dan keberhasilan selama melaksanakan misi mulia ini, jadikan bekal berharga untuk menyongsong tugas-tugas pengabdian yang akan datang, keberhasilan yang telah dicapai jadikan motivasi untuk lebih dewasa dalam berfikir, bersikap dan bertindak sehingga pada pelaksanaan tugas yang akan datang akan lebih baik”, tutur Pangdam.

Satgas Yonzipur 8/Sakti Mandra dalam misinya melakukan berbagai hal diantaranya membuka akses jalan poros Palu – Kulawe dan Kecamatan Tatanga – Kecamatan Jawalise, membangun hunian sementara (Huntara) bagi pengungsi, melakukan evakuasi serta pembersihan di rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya serta mengawal distribusi logistik ke berbagai daerah pengungsian yang terisolir.

Satuan Zeni yang dimiliki Kodam Hasanuddin ini juga telah melaksanakan trauma healing untuk membantu memulihkan kembali trauma yang dialami masyarakat dengan membangkitkan moril dan motivasi serta semangat hidup masyarakat, akibat bencana alam.

Selain melakukan pemulihan di Palu sampai saat ini sebagian besar Prajurit Yonzipur 8/Sakti Mandra Guna masih tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) penanggulangan bencana gempa bumi di Lombok NTB.

Turut hadir pada acara ini Kasdam XIV/Hsn Brigjen TNI Budi Sulistijono, Irdam, Perwira Ahli, Para Asisten, Para Kabalak dan Komandan satuan jajaran Kodam XIV/Hsn. / Komang Ayu