PELUANG BISNIS MAINAN ANAK SEMAKIN MEMIKAT

Seorang anak sedang melihat mainan di Mal Ratu Indah Makassar.

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR —   Bisnis mainan anak menjadi menjadi salah satu bidang yang cukup potensial untuk dijalankan. Mengingat anak merupakan salah satu faktor penentu, saat orang tuanya ingin berbelanja. Sehingga secara tidak langsung, pasar anak pastinya sangat cerah.

Apalagi, karena target konsumen utamanya yang merupakan anak-anak, tentunya tidak akan dipisahkan dengan kegiatan sehari-harinya dengan mainan. Setiap ada kesempatan, mereka pasti akan lebih memilih untuk bermain.

Dengan besarnya potensi pasar bagi anak-anak, tentu akan menguntungkan para pelaku bisnis, yang memang hanya memfokuskan dirinya pada penjualan produk permainan anak. Apabila dikemas dengan lebih menarik, mengikuti trend kekinian, serta harganya kompetitif, akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen untuk berbelanja.
Salah satunya Toko Megumi yang menjual beraneka ragam permainan anak. Dibuka sudah 15 tahun lamanya, toko ini hampir setiap hari selalu ramai dikunjungi calon konsumen. Mayoritas tamu yakni ibu rumah tangga bersama anak-anaknya. Tujuanya tidak lain ingin mencari permainan.
“Ada 50 jenis permainan anak yang kami jual. Mulai dari mobil-mobilan, motor-motoran, boneka barby, mainan alat kelengkapan dokter, puzzle, serta masih banyak lainnya. Harganya dibanderol mulai Rp 30 ribu sampai Rp 350 ribu,” ungkap Sita, salah seorang karyawan Megumi saat di temui Bisnis Sulawesi di tokonya.

Menuutnya, setiap hari tokonya tidak pernah sepi dari konsumen. Jenis produk yang dijualnya sangat beragam. Bukan hanya mainan anak usia sekolah, tapi juga mainan anak bayi usia batita (bawah tiga tahun) dan bayi balita (bawah lima tahun).
Meskipun enggan menyebut jumlah produk yang terjual setiap harinya, tapi diungkapkan Sita, produk yang menjadi best seller yakni mainan anak-anak usia balita. Kemungkinan besar karena faktor kebutuhan, menjadi penyebab mainan itu paling laris.
Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru, Toko megumi menyediakan diskon menarik untuk semua jenis mainan, mulai dari 20 persen hingga 50 persen. “Jelang akhir tahun, kami menyediakan harga khusus untuk para pelanggan,” tuturnya

Tak hanya itu, Toko Duta Shop yang beralamat Jalan Cendrawasih juga setiap hari selalu terus dipadati pengunjung yang ingin berbelanja. Hal tersebut diutarakan Since, manager dari toko tersebut.
“Sejak berdiri tahun 2014, toko duta Shop yang menjual aneka keperluan bayi dan anak-anak, baik dari pakaian hingga permainan,” ungkapnya.
Untuk jenis permainan yang paling laris, lebih banyak ke jenis permainan edukasi, seperti puzzle colour, balance shapes, papan tulis berwana, dan masih banyak lagi yang lainnya. “Kalau untuk promo, kami belum menyediakan. Biasanya ada di awal tahun,” tutupnya.
/Komang Ayu