Sebagian Pembangkit Sinkron, Sistem Kelistrikan Sulbagsel Segera Pulih

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Penormalan sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan sampai dengan pagi ini 07.40 WITA berjalan secara bertahap. Total daya yang sudah sinkron sebesar 400 MW yang berasal dari PLTA Bakaru, PLTA Bili-bili, PLTA Poso, PLTU Sengkang, dan beberapa PLTD di Tello.

Sementara itu Gardu Induk (GI) yang sudah normal adalah sebesar 43 dari 55 GI yang ada. Untuk mengatasi gangguan yang terjadi di ruas tranmisi Makale-Palopo, PLN melakukan upaya sinkronisasi pembangkit pembangkit yang belum masuk sistem.

“Alhamdulillah berkat doa masyarakat, PLN sudah berhasil menyalakan listrik bagi sebagian masyarakat,” jelas General Manager UIW Sulselrabar Bambang Yusuf.

Sampai dengan pukul 07.40 WITA (16/11) PLN terus melakukan upaya untuk menormalkan beberapa daerah yang belum menyala. Diperkirakan sistem akan kembali normal pada hari ini, setelah semua pembangkit dapat sinkron kembali.

“Sekali lagi kami mengucapkan permintaan maaf kepada masyarakat atas kejadian ini dan kami mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungan masyarakat kepada kami,”pungkas Bambang. / Nur Rahmat