Ini Kuliner Paling Dicari

77

Sulawesi Selatan dengan ibukota Makassar memang dikenal sebagai salah satu kota dengan hidangan makanan yang menggugah selera. Ada banyak kuliner khasnya yang membuat siapa saja ingin datang lagi di kota ini.
Nah, berikut ini jenis kuliner favorit ala ‘kota daeng’ yang paling dicari adalah:

1. Coto Makassar
Jenis kuliner ini sangat populer di Makassar. Disajikan dengan kuahnya yang gurih dan hangat, terasa begitu lezat ketika dinikmati dengan ketupat. Anda sisa pesan mau jenis coto yang hanya berisi daging, paru atau campur. Dibeberapa sudut kota terdapat warung yang menyajikan coto Makassar.

2. Pallubasa
Agak mirip dengan Coto Makassar, Pallubasa adalah kuliner berkuah. Sup daging sapi ini memiliki kuah yang dicampur dengan kelapa goreng. Rasanya gurih dan segar. Anda juga bisa pesan sajian dengan menambahkan kuning telur mentah. Yang banyak dikunjungi warung di Jl.Serigala dan Jl.Onta Lama.
3.Sop Konro & Konro Bakar
Sop Konro dibuat dari daging sapi pilihan yang dicampur kuah sup. Sedangkan Konro Bakar merupakan daging iga sapi pilihan yang dipanggang dan dipadu dengan bumbu kacang racikan khas Makassar.
Yang ramai dikunjungi biasanya Warung Sop Konro milik Haji Hanafi di Jl.Lompobattang, tak jauh dari lapangan Karebosi (alun-alun).

4. Mie Kering
Mie kering yang diguyur kuah mirip cap cay. Hanya saja, bumbu dan jenis mie yang digunakan berbeda. Mie-nya lebih tipis ketimbang ifu mie.
Cukup banyak tempat makan menjual mie kering dengan merk berbeda-beda. Misalnya, mie titi, mie awa, mie kwanton, mie ceng, mie anto, mie hengki, dll.

5. Pisang ijo
Pisang ijo khas Makassar berupa es dengan bubur sumsum, sirup, dan pisang yang diberi lapisan warna hijau. Salahsatu warung dengan es pisang ijo yang terkenal adalah warung Bravo.

6. Pallubutung
Agak mirip dengan es pisang ijo,makanan ini bebahan dasar pisang. Bedanya, tidak ada lapisan hijau yang menyelimuti pisang. Warung makan Bravo juga menyajikan es pallubutung.

7.Pisang Epe
Semacam camilan khas Pantai Losari, namanya pisang epe. Pisang epe banyak dijual gerobak di sekitar Pantai Losari. Pisang epe adalah pisang bakar yang dijepit hingga pipih. Kemudian pisang bakar panas diberi bumbu durian, keju atau cokelat. Tergantung selera.
/Mohamad Rusman